PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENERAPAN STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENERAPAN STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG
1

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Keberadaan seorang kepela sekolah memegang peranan penting dalam
suatu organisasi pendidikan ,peran seorang kepala sekolah adalah sebagai
petunjuk arah dan tujuan di masa depan .
Peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai (guru)
merupakan salah satu kunci sukses bagi keberhasilan seluruh organisasi
.Dalam meningkatkan kinerja pegawai, pemimpin sangat menentukan dalam
mengarahkan sikap dan prilaku pribadi seseorang untuk dapat bersikap dan
berprilaku sesuai dengan aturan yang di tentukan dalam menunjang
tercapainya tujuan organisasi.
Kepemimpinan adalah kondisi yang paling strategis dalam sebuah
lembaga. Apabila kondisi kepemimpinannya baik ,maka akan berdampak
positif terhadap perkembangan dan kemajuan lembaga. Sebaliknya, jika
kondisi kepemimpinannya buruk, maka akan berdampak negative bagi
kelansungan lembaga tersebut,1 Seorang pemimpin memiliki tanggungjawab
besardalam mengendalikan organisasi, harus mampu menjadi contoh yang
baik dan motifator bagi bawahannya.
Upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak
pernah berhenti.Banyak agenda reformasi yang telah ,sedang dan akan
dilaksanakan .Beragam pula program inovatif ikut serta memeriahkan

1

MuzamilQomar,StrategiPendidikanIslam,PenerbitErlanga, Jakarta, 20013, hal . 167

1

2

reformasi pendidikan .Reformasi pendidikan adalah memperbaiki pola
hubungan sekolah dengan lingkungan dan pemerintah pola pengembangan
perencanaan ,pemberdayaan guru dan model-model pembelajaran.
Kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian merupakan tiga
dimensi yang sangat penting dari sekian banyak dimensi yang ada dalam
pendidikan. Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan antara satu dengan
lainnya. Kurikulum merupakan suatu rencana yang ber pedoman atau
pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.2
Dalam upaya meningkatkan mutu evaluasi pembelajaran pendidikan
agama Islam yang meliputi Al-Qur’an-Hadist, Fiqih, SKI, Aqidah Akhlaq dan
Bahasa Arab di MTsN Tambakberas Jombang, maka sangat diperlukan suatu
penilaian yang dilakukan oleh seorang guru,bukan hanya terfokus pada satu
aspek saja (kognitif) seperti yang selama ini dilakukan, tetapi harus
menyeluruh, selain aspek kognitif juga aspek efektif dan aspek psikomotorik.

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di
sekolahn/madrasah yang penuh dengan muatan nilai kehidupan islami,perlu
di upayakan melalui perencanaan pembelajaran yang baik agar dapat
mempengaruhi pilihan ,putusan dan pengembangan kehidupan murid. Oleh
karena itu salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru adalah
membuat perencanaan pembelajaran secara professional dalam melaksanakan

2

Nana Syaodih,PengembanganKurikulum, Teori Dan Praktek. ( Bandung:
RemajaRosdakarya, 2008 ), 05.

3

tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik,pembelajar sekaligus
sebagai perancang pembelajaran.3
Hal ini sesuai dengan UUNomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan
Dosen Pasal 1 ayat 1:
“Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi
peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.4
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, strategi evaluasi
pembelajaran PAI senantiasa akan berpengaruh terhadap prestasisiswa.
Karena hal ini akan menjadi penunjang didalam pencapaian tingkat prestasi
yang lebih tinggi. Strategi evaluasi pembelajaran akan berjalan dengan baik
apabila guru dapat mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki. Dengan
demikian seorang guru yang profesionan yang memiliki kompentasi yang
tinggi dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang diperlukanakan dapat
melaksanakan tugasnya dengan baik dan tanggungjawab.5
Kepemimpinan seorang pemimpin akan mampu membedakan
karakteristik suatu organisasi dengan organisasi lainya. Kepemimpinan yang
dinamis dan efektif merupakan potensi yang paling pokok dan yang sulit
dijumpai, akan tetapi tidak berarti bahwa seorang pemimpin tidak mampu
menjadi pemimpin yang berkepimpinan dinamis dan efektif. Dengan
memahami teori kepemimpinan akan dapat meningkatkan pemahamannya
terhadap dirinya sendiri, mengetahui kelemahan maupun kelebihan potensi
3

Abdul Maji.PerencanaanPembelajaran,(Bandung ;Remaja Rosdakarya,2005)12
Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005Tentang Guru Dan Dosen
5
Abdul Majid ,PerencanaanPembelajaran.(Bandung;Remaja Rosdakarya.2005)hal 12
4

4

yang ada dalam dirinya, serta akan dapat meningkatkan pemahaman tentang
bagaimana seharusnya memperlakukan bawahannya.
Oleh sebab itu salah satu tugas kepala sekolah sebagai pemimpin
dalam lembaga sekolahan adalah untuk bisa menciptakan guru profesional
agar bisa bekerja sesuai dengan pengarahan yang diberikan. Lebih jauh
kepala sekolah sebagai pimpinan,harus mengetahui kinerja guru-gurunya.
Karena kinerja paling tidak sangat berkait dengan kepemimpinan organisasi
sekolah dan juga kepentingan guru itu sendiri, oleh karena itu bagi sekolah
dasar, hasil penilaian kinerja para guru sangat penting artinya dan peranannya
dalam pengambilan keputusan tentang berbagai hal, seperti identifikasi
kebutuhan

program

pendidikan

dan

pelatihan,

rekrutmen,

seleksi,

penempatan, promosi dan berbagai aspek lain. Sedangkan bagi guru penilaian
dapat berperan sebagai umpan balik tentang berbagai hal seperti kemampuan,
kelebihan, kekurangan, dan potensi yang pada gilirannya bermanfaat untuk
menentukan tujuan, jalur, rencana dan pengembangan karirnya. Sehingga
secara berkala hendaknya mengadakan penilaian kinerja guru-gurunya.6
Salah satu kinerja guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan
adalah melakukan strategi evaluasi pembelajaran yang senantiasa akan
berpengaruh terhadap prestasi siswa. Karena hal ini akan menjadi penunjang
didalam pencapaian tingkat prestasi yang lebih tinggi. Strategi evaluasi
pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila guru dapat mengembangkan
kemampuan dasar yang dimiliki.
6

Wahjosumidjo.1999. Kepemimpinan Kepalasekolah
,TinjauanTeoritikdanPermasalahannya. Jakarta. RajaGrafindaPersada.

5

Dari uraian diatas, maka peneliti sangat tertarik untuk mengadakan
penelitian lebih lanjut tentang, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah
dan Penerapan Strategi Evaluasi pembelajaran PAI terhadap Prestasi Belajar
Siswa di MTsN Tambakberas Jombang.”

B. RuangLingkupPenelitian
Agar dalam penelitian tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit, maka
perlu adanya pembatasan ruang lingkup. Hal ini di maksudkan untuk
mencegah terjadinya kekaburan dari tujuan penelitian yang disebabkan terlalu
luasnya ruang lingkup penelitian, adapun ruang lingkup tersebut meliputi
variable penelitian. Variable penelitian adalah suatu yang akan di jadikan
objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu masalah.7
Dalam hal ini penelitian mengangkat judul yang mempunyai tiga
veriable yaitu:
1. Variable Bebas

: Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) dan
Penerapan Strategi Evaluasi pembelajaran
PAI (X2)

2. Variable Terikat

7

: Prestasi belajarsiswa (Y)

SuharsiniArikunto , ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek (Jakarta;rinekacipta
2002)hal 96

6

C. RumusanMasalah
Berdasarkan latarbelakang masalah yang peneliti kemukakan,
maka dapat peneliti kemukakan beberapa permasalahan, yaitu:
1. Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah terhadap prestasi pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas IX di MTsN Tambakberas Jombang?
2. Bagaimana penerapan strategi evaluasi belajar siswa terhadap perstasi
belajar Pendidikan Agama Islam kelas IX di MTsN Tambakberas
Jombang?
3. Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan penerapan
strategi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi
belajar siswa kelas IX di MTsN Tambakberas Jombang secara simultan?
D. TujuanPenelitian
Sesuai dengan rumusan masalah sebagaimana dikemukakan di atas,
maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap
prestasi Pelajaran Agama Islam kelas IX di MTsN Tambakberas Jombang.
2. Untuk mengetahui

penerapan strategi evaluasi belajar siswa terhadap

perstasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas IX di MTsN Tambakberas
Jombang?
3. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan
penerapan strategi evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di MTsN Tambakberas Jombang
secara simultan?

7

E. Kegunaan Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti mengharap adanya suatu manfaat,
adapun manfaat-manfaat yang diharapkan adalah:
1. Bagi Guru
- Dapat mengetahui siswa-siwi yang sudah faham dan belum faham.
- Dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa
atau belum.
2. BagiSiswa
- Dapat meningkatkan semangat dalam belajar.
- Dapat menambah wacana ilmu pengetahuan.
3. Bagi Sekolah
- Dapat membawa kelancaran proses belajar mengajar.
- Dapat memaksimalkan pelaksanaan strategi evaluasi pembelajaran
dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.
4. Bagi Peneliti
Memberi sumbangan pemikiran kedunia ilmu pendidikan setelah
peneliti mendapatkan pendidikan di bangku kuliah UNIPDU.
5. Bagi UNIPDU
Hasil penelitian ini di harapkanakan menjadi bacaan yang
bermanfaat bagi para pembacanya.

8

F. HipotesisPenelitian
Hipotesis adalah perumusan jawaban sementara terhadap suatu soal
dengan maksud sebagai tuntunan sementara dalam penyelidikan atau
penelitian untuk mencari jawaban yang benar.
Dalam penelitian ini peneliti mengajukan hipotesa yang berbunyi:
Hipotesa kerja atau disebut juga dengan hipotesis alternative (Ha)
yang mengatakan bahwa ada pengaruh antara variable X dan Y.8
Berkaitan dengan hal di atas dalam penelitian ini hipotesisnya Ha.(Hi)
dirumuskan sebagai berikut:
“ada pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan penerapan strategi
evaluasi pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa di MTsN
Tambakberas Jombang.”


Lengkapnya Langsung saja download file berikut ini gratis

Klik Download Via Userscloud
Klik Download Via Tusfiles

Itulah beberapa artikel skripsi thesis atau materi yang bisa anda gunakan untuk bahan tugas dan ajar, semoga bermanfaat.


Related Post

Belum terdapat comments pada "PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENERAPAN STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG ", silahkan berikan komentar pertama.

Post a Comment